Chipset A12Z Bionic Apple dapat tandingi Intel dan AMD

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 03 Jul 2020 10:47 WIB

Dalam bocoran baru menunjukkan bahwa chipset GPU A12Z Bionic milik Apple dapat bersaing dengan GPU integrated milik Intel dan AMD.

Apple A12Z Bionic

Apple beberapa waktu lalu secara resmi telah mengumumkan transisi perangkat Mac mereka dari Intel ke Apple Silicon. Mereka mengatakan, prosesor yang dikembangkan perusahaan untuk perangkat mobile saat ini dapat bersaing dengan prosesor laptop mainstream, baik dari Intel maupun AMD baik dari sisi CPU maupun GPU integrated.

Salah satu chipset GPU yang sedang mereka kembangkan adalah A12Z Bionic. Chipset ini memiliki spesifikasi yang tak jauh berbeda dengan A12X Bionic yang kini terdapat di jajaran iPad Pro mereka.

A12Z Bionic akan memiliki total 8 compute unit. Perbedaan utama dari A12X Bionic adalah prosesor tersebut hanya memiliki satu core GPU saja, sedangkan A12Z Bionic akan memiliki dua core GPU yang terintegrasi.

Berbicara mengenai performa, hasil pengujian internal Apple yang bocor menunjukkan bahwa chipset tersebut dapat bersaing dengan chipset Intel dan AMD. Mereka menggunakan OpenCL untuk melakukan pengujian.