CEO Qualcomm akui perusahaan mereka baik-baik saja meski ada perang dagang Amerika-Tiongkok

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 07 Okt 2019 10:09 WIB

CEO Qualcomm steve Mollenkopf mengatakan hingga saat ini Qualcomm masih menjalin hubungan baik dengan klien mereka di Tiongkok.

Qualcomm 5G (Engadget)

CEO Qualcomm, steve Mollenkopf baru-baru ini menegaskan bahwa usaha mereka sama sekali tidak terpengaruh dengan perang dagang antara Amerika dan Tiongkok. Dia mengatakan, kerjasama mereka dengan perusahaan Tiongkok pun terus mereka lakukan.

“Saya pikir tidak perlu dikatakan lagi bahwa kami menghabiskan banyak waktu untuk membantu dan mendukung penyebaran 5G di Tiongkok. Jadi kami ingin memastikan itu terjadi. Kegiatan-kegiatan itu benar-benar tidak terpengaruh oleh perang dagang,” kata Steve, seperti dikutip dari laman Asia Times (7/10/2019).

Qualcomm dikabarkan juga telah mengadakan serangkaian lokakarya minggu lalu di kantor pusatnya untuk menunjukkan apa yang mereka bayangkan untuk teknologi 5G dan penelitiannya di daerah tersebut.

Steve juga pernah mengatakan, kelemahan dalam permintaan pasar untuk ponsel 4G, khususnya di Tiongkok, untuk mengantisipasi peluncuran 5G, telah berkontribusi pada penurunan penjualan. Dia juga menyebutkan larangan ekspor pada Huawei berdampak pada pendapatan Qualcomm.

"Sebagai akibat dari larangan ekspor, Huawei mengalihkan fokus mereka untuk membangun pangsa pasar di pasar domestik Tiongkok, di mana kami tidak melihat manfaat yang sesuai dalam pendapatan produk atau lisensi," katanya.