Cara cek kesehatan dan tips menjaga baterai laptop tetap awet

Oleh: Nur Chandra Laksana - Minggu, 07 Mar 2021 09:16 WIB

Untuk tetap menjaga laptop kalian seperti baru, Tek.id punya cara untuk cek kesehatan baterai laptop dan tips untuk menjaga baterai laptop tetap awet.

Credit : Pixabay

Di saat pandemi seperti ini, penggunaan laptop terbilang meningkat sangat drastis. Sebab, semua pekerjaan mulai dari belajar, bekerja, hingga mencari hiburan dapat dilakukan menggunakan laptop.

Tapi, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat terlalu lama menggunakan laptop setiap hari. Sebab, jika kalian terlalu lama melakukan pengisian daya di sebuah laptop, maka baterai kalian bisa cepat rusak.

Pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan merangkum cara mengetahui kesehatan baterai laptop serta memberikan tips bagaimana tetap menjaga kesehatan baterai laptop meski dipakai seharian.

Pertama-tama, untuk melakukan pengecekan baterai, kalian harus membukanya melalui comandprompt (CMD). Hasil dari pengecekan ini akan memiliki extensi .html yang dapat dibuka di peramban yang terpasang di laptop. Untuk membuka CMD, kalian dapat mencarinya di tab pencarian.

Untuk membukanya kalian dapat mengklik ikon Windows di bagian kiri bawah laptop atau menekan shortcut Windows+S. Lalu ketik CMD. Kemudian akan terlihat aplikasi CMD muncul dalam pencarian. Lalu klik dua kali aplikasi tersebut.