Cara bikin Clipping Mask di Adobe Photoshop

Oleh: Zhafira Chlistina - Senin, 08 Mei 2023 15:46 WIB

Clipping Mask penting untuk mengedit gambar yang lebih kompleks. Lebih lanjut, inilah cara menerapkan clipping mask di Photoshop.

Adobe Photoshop menjadi salah satu perangkat lunak yang banyak digunakan oleh pekerja kreatif. Perusahaan menyatakan lebih dari 90% pekerja profesional di dunia kreatif menggunakan Photoshop dan namanya identik dengan pengeditan foto.

Photoshop memiliki banyak fitur untuk mengolah foto. Adobe juga menawarkan serangkaian tutorial untuk membantu pengguna, dari mulai fitur sederhana seperti mengubah ukuran gambar, hingga fitur lanjutan seperti layering dan clipping mask.

Mereka yang tidak begitu paham dengan perangkat lunak atau seluk beluk seni digital mungkin tidak terbiasa dengan clipping mask. Tetapi fitur ini sebenarnya penting untuk mengedit gambar yang lebih kompleks. Lebih lanjut, inilah cara menerapkan clipping mask di Photoshop.

Meskipun agak mudah untuk menambahkan Clipping Mask ke gambar, penting untuk dicatat bahwa layer yang diterapkan mask harus dalam urutan yang benar di panel Layer. 

Pada dasarnya, pengguna perlu memastikan bahwa layer yang ingin ditampilkan berada di paling atas daripada layer yang berfungsi sebagai "bingkai". Untuk melakukan ini, cukup seret ke urutan yang benar di panel Layer. Setelah itu, klik kanan layer paling atas, lalu pilih "Create Clipping Mask".