Canon EOS R seri selanjutnya punya fitur stabilisasi gambar di bodi

Oleh: Erlanmart - Sabtu, 15 Des 2018 08:32 WIB

Canon ingin serius menerapkan sistem In-Body Image Stabilization (IBIS) demi mengikuti perkembangan zaman dan bersaing di kancah kamera profesional.

Source: Pexels

Beberapa bulan lalu, Canon merilis kamera mirrorless full-frame, EOS R. Hal ini menandakan bahwa mereka lebih serius lagi menggarap mirrorless. Dilansir dari PetaPixel (15/12), Canon akan membubuhkan In-Body Image Stabilization (IBIS) pada kamera EOS R mendatang.

Rumor tersebut awalnya datang dari Canon Rumors, yang menyatakan bahwa sistem IBIS EOS R mengusung kestabilan 5 arah. Canon memang sejak lama memang menjaga sistem Image Stabilization (IS) di dalam lensa, dan kini mereka ingin bersaing dengan Nikon dan Sony yang sudah menerapkan sistem IBIS.

Menurut Canon UK Product Consultant, David Parry, “Kami merasa bahwa IS dalam lensa adalah sistem (yang) optimal untuk stabilisasi gambar. Tetapi dengan sistem IBIS Anda dapat mengkreasi (gambar) lebih banyak lagi menggunakan segala jenis pilihan lensa yang mendukung,”

Tampaknya Canon ingin serius menerapkan sistem IBIS dan berniat untuk menerapkannya di jajaran kamera mereka demi mengikuti perkembangan zaman dan bersaing di kancah kamera profesional. Salah satu tantangan terbesar mereka adalah membuat sistem IBIS agar mendukung di seluruh jajaran lensa Canon yang dilengkapi IS

Berbicara EOS R, kebetulan Indonesia sudah secara resmi kedatangan kamera flagship tersebut. Mirrorless full-frame ini dilengkapi rentang ISO yang lebar mulai 100-400.000. Fitur ini akan memudahkan pengguna dalam mengambil gambar dalam berbagai kondisi cahaya tanpa gangguan noise. Kamera ini juga disertai area bidik yang luas dengan 5.655 titik AF yang mencakup 100 persen vertikal dan 88 persen horizontal.