Bocoran Xbox mendatang akan dukung resolusi 8K, SSD dan ray-tracing

Oleh: Erlanmart - Senin, 10 Jun 2019 07:55 WIB

Xbox menyertakan CPU yang dirancang khusus berdasarkan arsitektur Zen 2 dan Radeon RDNA, dan menjanjikan konsol mendatang tersebut akan empat kali lebih unggul.

Source: The Verge

Pada ajang E3 2019 Microsoft mengumumkan sedikit soal Xbox generasi baru. Sebelumnya pada Desember lalu perusahaan tersebut dirumorkan bakal meluncurkan dua konsol Xbox pada tahun 2020. Salah satunya dirancang untuk menjadi setara dengan Xbox One X saat ini. Dilansir dari The Verge (9/6), Xbox berikutnya diberi nama dengan kode nama Project Scarlett.

Microsoft menyertakan CPU yang dirancang khusus berdasarkan arsitektur Zen 2 dan Radeon RDNA, dan menjanjikan konsol tersebut akan empat kali lebih unggul dibandingkan dengan Xbox One X. Microsoft juga menggunakan RAM GDDR6 yang diklaim bakal menghadirkan resolusi dan frame rate yang belum pernah ada sebelumnya.

Konsol Project Scaelett terbaru ini bakal mendukung gim beresolusi 8K, frame rate hingga 120 fps, ray-tracing dan dukungan refresh rate variable. Microsoft juga akan menggunakan SSD pada Project Scarlett.

“Kami telah menciptakan SSD generasi baru. Kami menggunakan SSD sebagai RAM Virtual,” kata juru bicara Xbox. Hal ini seharusnya meningkatkan performa 40x lebih tinggi dari generasi Xbox yang ada menurut Microsoft, dengan demikian berarti dapat memuat gim lebih cepat.

Halo Infinite juga diluncurkan bersamaan dengan konsol Project Scarlett Xbot. Microsoft tidak menunjukkan secara persis seperti apa Project Scarlett, dan pengumumannya sangat mirip dengan apa yang dilakuakn mereka dengan Project Scorpio, yang merupakan kode nama dari Xbox One X.