Bocoran prosesor baru Apple mencuat, pakai teknologi baru TSMC

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 06 Feb 2024 20:01 WIB

Dalam sebuah bocoran terbaru, prosesor baru Apple yang diduga bernama A18 akan menggunakan teknologi fabrikasi N3E milik TSMC.

Apple sebentar lagi akan memperkenalkan smartphone terbaru mereka, yakni iPhone 16 Series. Seperti biasa, mereka akan memperkenalkan apa saja yang baru di perangkat tersebut, termasuk memperkenalkan prosesor baru. 

Dan baru-baru ini, bocoran mengenai prosesor terbaru Apple, yakni A18 muncul di beberapa sumber. Informasi prosesor ini hadir pada kode iOS 18 yang bocor, menampilkan beberapa informasi yang cukup penting.

Salah satunya adalah kembalinya digunakannya TSMC untuk memproduksi chipset tersebut. Namun, jika A17 Pro dibuat menggunakan teknologi fabrikasi 3nm, A18 akan menggunakan teknologi fabrikasi terkini yakni N3E.

Teknologi fabrikasi ini sama dengan prosesor terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 4 dan MediaTek Dimensity 9400. Sangat menarik melihat apa yang dapat dilakukan oleh perusahaan asal Cupertino tersebut dalam sisi performa.

Selain itu, Wccftech (6/2) melaporkan bahwa Apple akan membawa A18 ke iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Sedangkan varian A18 Pro akan hadir di sebuah perangkat yang masih belum diumumkan oleh Apple.