Bedah fitur side panel pada Google Chrome yang bisa tingkatkan produktivitasmu

Oleh: Bennartho Denys Rapoho - Kamis, 28 Des 2023 16:48 WIB

Google Chrome kini memiliki fungsi side panel pada bagian sisi kanan atau kiri yang memiliki sejumlah fitur menarik sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas penggunanya.

Sumber: Google

Pengguna Google Chrome wajib mengetahui fungsi sebenarnya dari side panel yang telah ada pada aplikasi browser tersebut sejak pertengahan tahun ini. Sebab side panel bisa membantu menambah produktivitas pengguna dengan meningkatkan efisiensi penggunaan ruang dalam aplikasi tersebut.

Dilansir dari The Verge (28/12), side panel memiliki 5 fitur penting yang perlu diketahui oleh penggunanya yakni bookmarks, reading list, history, reading mode, dan search. Semua fitur tersebut sangatlah bermanfaat terlebih bagi seseorang yang memiliki tugas sangat banyak sehingga membutuhkan pengaturan browser lebih sederhana dan praktis.

Fitur pertama yakni Bookmarks yang bisa menampilkan seluruh halaman tersimpan sebelumnya pada bagian sisi kanan atau kiri aplikasi. Dengan ini pengguna bisa menghapus tampilan bookmarks di bagian atas browser lalu memindahkannya di sisi kanan atau kiri supaya lebih praktis dan jelas untuk dibaca pada saat sedang melakukan tugas.

Berikutnya ada Reading list yang dapat membantu pengguna menyimpan situs atau halaman tertentu dengan cara menambahkannya ke tab pada side panel. Jadi pengguna bisa melanjutkan membaca halaman yang sebelumnya mungkin tertunda atau tidak sempat terbaca karena kesibukan dengan sangat mudah berkat fitur ini.

History merupakan fitur selanjutnya yang memberikan seluruh informasi mengenai rekam jejak pengguna dalam mengakses browser tersebut secara otomatis. Berkat fitur ini pengguna dapat mudah bila ingin kembali ke halaman sebelumnya secara cepat tanpa perlu mencari kata kuncinya lagi di browser.