ASUS update BIOS untuk dukungan NVIDIA Resizable BAR

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 14 Apr 2021 10:37 WIB

ASUS baru saja mengumumkan pembaruan BIOS untuk 180 motherboard, ditujukan sebagai dukungan NVIDIA Resizable BAR.

NVIDIA secara resmi mengumumkan kehadiran teknologi Resizable BAR untuk jajaran GeForce RTX 30 series. Oleh karena itu, beberapa vendor motherboard sudah mengumumkan pembaruan BIOS untuk mendukung fitur tersebut.

Salah satunya adalah ASUS. Dalam siaran pers yang diterima oleh redaski Tek.id (14/4), ASUS saat ini sudah menggulirkan pembaruan BIOS untuk setidaknya 180 tipe motherboard yang ada di pasaran.

Mereka pun tidak memilih motherboard modern apa yang akan mendapatkan fitur ini. Perusahaan asal Taiwan tersebut akan memberikan dukungan mulai dari AMD A520 series dan Intel H410 series hingga AMD TRX40 dan Intel X299 series.

Seperti dikektahui, Resizable BAR merupakan fitur standar ekspansi PCI Express yang banyak digunakan di PC modern, dimana memungkinkan CPU dan GPU untuk berkomunikasi dengan lebih efisien untuk meningkatkan kinerja pada game-game tertentu.

NVIDIA mengatakan para pengguna GPU GeForce RTX 30 series akan mendapatkan boosting performa saat menggunakan fitur tersebut. Salah satu contohnya adalah mendapatkan peningkatan lebih dari 12% di judul AAA seperti Forza Horizon 4.