Asal mula Bill Gates dituduh sebagai pembuat virus corona

Oleh: Zhafira Chlistina - Senin, 20 Apr 2020 09:18 WIB

Teori konspirasi yang menuduh Bill Gates sebagai pembuat virus corona bermula dari jawabannya di Reddit yang mengundang mispersepsi pada permberitaan di beberapa media.

Source: BuzzFeed News

Rumor yang menuduh Bill Gates sebagai pembuat virus corona melahirkan sebuah teori konspirasi yang telah banyak beredar di media sosial. Rumor ini sebenarnya pertama kali mencuat setelah Bill Gates melakukan sesi tanya jawab di Reddit.

Pada 18 Maret lalu, Bill Gates melakukan tanya jawab dengan para pengguna Reddit. Kegiatan ini sudah menjadi kebiasaan bagi Gates, namun kali ini cukup berbeda karena sebagian besar pertanyaan berpusat pada virus corona dan dampaknya pada kesehatan global. Salah satu jawaban Gates yang menjadi alasan munculnya teori konspirasi itu berawal dari sebuah pertanyaan "Bagaimana bisnis akan berubah karena virus corona?".

"Negara masih mencari tahu apa yang harus terus berjalan," jawab Gates, "Akhirnya kami akan memiliki beberapa sertifikat digital untuk menunjukkan siapa yang telah pulih atau diuji baru-baru ini atau ketika kami memiliki vaksin yang telah menerimanya (sertifikat digital)."

Namun, jawaban ini justru ditangkap sebagai sesuatu yang menarik oleh beberapa media. Sehari setelah melakukan tanya jawab di Reddit, laman Biohackinfo memberitakan bahwa Gates membuat vaksin dengan menyisipkan mikrochip kecil di dalamnya untuk melacak populasi manusia. Padahal selama perbincangannya di Reddit, Gates tidak sekalipun menyebutkan tentang mikrochip.