Arsitektur hingga sistem keamanan, tambah deretan solusi Alibaba Cloud

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 27 Sep 2019 09:00 WIB

Alibaba Cloud merilis X-Dragon Architecture generasi ke-3. Pembaruan ini akan mulai tersedia untuk server Alibaba Cloud di seluruh dunia.

Alibaba Cloud Luncurkan Arsitektur X-Dragon Generasi Ke-3 dan 85 produk dan fitur baru untuk mendorong Kecerdasan Buatan di awan pada acara Konferensi Apsara

Alibaba Cloud merilis X-Dragon Architecture generasi ke-3. Pembaruan ini akan mulai tersedia untuk server Alibaba Cloud di seluruh dunia mulai tahun depan. Arsitektur ini diklaim akan mampu meningkatkan kinerja pada metrik penting hingga lima kali lipat.

X-Dragon menciptakan platform komputasi yang terintegrasi, seperti server metal elastic container service (ECS) dan mesin virtual dalam satu platform. Diuji menggunakan berbagai skenario e-commerce yang membutuhkan penggunaan AI tinggi, generasi ke-3 X-Dragon ini mampu meningkatkan queries-per-second (QPS) hingga 30%. X-Dragon pun mampu menurunkan latensi hingga 60%. Dengan solusi ini, Alibaba memastikan tak ada pemborosan daya dari operasional server fisik. Dengan begitu, biaya komputasi unit bisa dipangkas hingga 50%. 

Guna mendorong AI pada cloud, perusahaan yang didirikan Jack Ma ini meluncurkan 85 produk dan fitur baru. Satu diantaranya adalah penggunaan AI untuk mengatur lalu lintas di bandara Xiaoshang, Hangzhou, Tiongkok. Solusi Alibaba akan menganalisa rutinitas pesawat terbang di bandara, hingga memangkas proses check in penumpang menggunakan pemindai wajah. 

Secara total, Alibaba Cloud telah menambah 597 produk dan fitur baru, melengkapi portofolio solusi hingga lebih dari 300 solusi, serta memperluas rangkaian penawaran cloud native berbasis AI, dalam enam bulan terakhir. Alibaba menyatakan bahwa kini data mampu dianalisa dan divisualisasikan secara real-time untuk menghasilkan actionable insight guna memperkuat pengambilan keputusan dan mendorong transformasi digital di lebih dari 30 industri.