Apple paling cepat akan luncurkan modem 5G mobile 2021 mendatang

Oleh: Nur Chandra Laksana - Minggu, 28 Jul 2019 16:09 WIB

Sampai 2021, Apple masih harus menggantungkan diri kepada Qualcomm dan Samsung untuk memproduksi modem 5G mobile untuk perangkat iPhone dan iPad.

iPhone XS Max (Apple)

Apple tampaknya tidak ingin berlama-lama untuk membuat modem 5G mobile pertama mereka. Setelah melakukan akuisisi bisnis modem mobile Intel, mereka dikabarkan langsung tancap gas untuk menyelesaikan pengembangan modem tersebut.

Wccftech (28/7) melaporkan, Apple dikabarkan memiliki target untuk menyelesaikan modem tersebut pada 2021 mendatang. Hal ini diungkapkan sumber dekat Apple, yang mengatakan bahwa rangkaian produk pertama Apple bermodem 5G internal bisa jadi tiba pada awal tahun 2021.

Beberapa pihak pun menyatakan bahwa hal tersebut sebagai usaha yang ambisius. Namun mengingat Apple ingin mengurangi ketergantungan pada orang-orang seperti Qualcomm dan Samsung, ambisi ini sangat masuk akal bagi mereka.

Para ahli mengklaim bahwa Apple perlu menurunkan ego mereka dan memperkuat hubungannya dengan Qualcomm jika mereka ingin meluncurkan perangkat dengan teknologi jaringan 5G Mobile.

Mereka akan membutuhkan waktu bertahun-tahun lagi untuk menghasilkan solusi selulernya. Ini juga bisa menjadi alasan mengapa Apple dilaporkan bersedia membayar Qualcomm sejumlah uang yang cukup besar.