Resmi! Apple lakukan transisi MacBook menggunakan prosesor ARM

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 23 Jun 2020 10:46 WIB

Dalam ajang WWDC 2020, Apple secara resmi mengungkapkan transisi MacBook dan PC mereka dari prosesor Intel ke Apple Silicon berbasis ARM.

MacBook

Apple sebelumnya dikabarkan mengenai rencana mereka untuk menggunakan prosesor milik mereka sendiri di perangkat MacBook mereka. Seperti diketahui, rumor ini telah beredar selama beberapa bulan terakhir.

Dalam acara WWDC 2020, Apple pertama kali memperkenalkan macOS Big Sur. OS ini akan segera diluncurkan dalam waktu dekat ini, dan akan berjalan baik di MacBook yang menggunakan prosesor Intel dan prosesor milik Apple sendiri.

Beberapa orang agak sedikit skeptis mengenai aplikasi apa saja yang akan dapat dijalankan di MacBook yang menggunakan prosesor ARM. Namun, dalam presentasi WWDC 2020, perusahaan asal Cupertino tersebut telah mendemonstrasikan beberapa aplikasi yang dapat berjalan di perangkat tersebut.

Mereka mengaku telah dapat menjalankan Final Cut Pro serta Adobe Photoshop dengan lancar. Tak ketinggalan, para pengguna Office Suite juga akan dapat berjalan dengan lancar di perangkat tersebut.

Tak ketinggalan, Apple juga mengatakan bahwa perangkat yang menggunakan prosesor milik mereka sendiri akan dapat menjalankan aplikasi yang dibuat untuk iOS dan iPadOS. Mereka akan memiliki App Store tersendiri.