Apple dan Google buat solusi tekan penyebaran corona

Oleh: Hieronimus Patardo - Sabtu, 11 Apr 2020 13:05 WIB

Apple dan Google punya solusi untuk menekan penyebaran corona, yakni dengan melacak dan memberitahu pengguna jika berada di dekat orang yang terinfeksi.

Source: Google

Apple dan Google mengumumkan sebuah sistem yang digunakan untuk melacak penyebaran corona. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk membagikan data melalui BLE (Bluetooth Low Energy) dan mengizinkan aplikasi dari organisasi kesehatan untuk mengaksesnya. 

Sistem baru ini, akan menggunakan komunikasi bluetooth dalam jarak dekat untuk membangun jaringan pelacakan kontak sukarela, menjaga data ekstensif pada ponsel yang berdekatan satu sama lain. Nantinya, aplikasi resmi dari otoritas kesehatan masyarakat akan dapat mengakses data ini. Sistem ini juga dapat memperingatkan penggunanya jika berada dekat dengan orang yang terinfeksi. 

Lantas bagaimana cara kerja sistem ini? 

Katakanlah dua orang, A dan B saling bertemu satu sama lain. Nah, ponsel kedua orang itu akan saling bertukar sinyal satu sama lain melalui koneksi bluetooth. Hal ini dilakukan agar setiap ponsel dapat saling mengenali satu sama lain. Kemudian, pada suatu hari A didagonas positif corona. 

Melalui aplikasi kesehatan, A memberikan izin melalui ponselnya untuk mengunggah data selama 14 hari terakhir yang dapat diakses oleh organisasi kesehatan. Nantinya, apabila ada orang lain yang berada dekat dengan lokasi A, ponselnya akan memberikan peringatan kalau ada orang terinfeksi di dekatnya.