Apa sebenarnya Unicorn yang dimaksud pak Jokowi

Oleh: Hieronimus Patardo - Senin, 18 Feb 2019 13:41 WIB

Debat capres pada akhirnya memviralkan istilah unicorn. Apa sih yang dimaksud dengan unicorn yang dilontarkan dalam debat tersebut?

Source: Google

Debat Capres kedua baru saja berakhir. Nah ada yang menarik dalam debat capres kali ini, yakni munculnya istilah unicorn yang dilontarkan Joko Widodo.

Dalam debat tersebut, Joko Widodo memberikan pertanyaan mengenai infrastruktur apa yang akan dibangun untuk mengembangkan unicorn-unicorn di Indonesia kepada Prabowo Subianto.  Pertanyaan tersebut disambut dengan pertanyaan balik oleh Prabowo.

“Yang Bapak maksud unicorn? Unicorn? Maksudnya yang apa itu online-online itu?” ujar Prabowo.

Terlepas dari pertanyaan Jokowi dan jawaban yang dilontarkan Prabowo dalam debat itu, apa sesungguhnya yang dimaksud dengan unicorn?

Unicorn adalah sebutan bagi startup dengan nilai valuasi di atas USD1 miliar. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang pemodal kapital Aileen Lee di tahun 2013. Pemilihan nama unicorn sendiri mengacu pada hewan mistik untuk merepresentasikan langkanya sebuah startup yang mampu berkembang hingga senilai USD1 miliar. Jika dikonversi ke Rupiah, nilainya kira-kira sekitar Rp1,5 triliun.