Memahami cara kerja teknologi ANC pada TWS

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 20 Okt 2023 15:39 WIB

Dalam artikel kali ini Tek.id akan jelaskan bagaimana teknologi ANC bekerja dalam TWS dan informasi terkait lainnya.

Source: Unsplash/Rafael Leao

Peredam bising atau yang biasa dikenal ANC kini menjadi fitur penting yang harus dimiliki sebuah TWS maupun headphone. Dengan fitur ini, perangkat menjanjikan pengalaman mendengarkan musik yang lebih imersif dengan bebas bising bahkan ketika sedang di keramaian.

Sebagai fitur yang paling banyak dicari, apakah Sahabat Tek tahu tepatnya cara kerja di balik ANC ini? Untuk itu, dalam artikel kali ini Tek.id akan jelaskan bagaimana cara kerja pemrosesan suara dengan ANC dan informasi terkait lainnya.

Apa itu ANC?

ANC adalah singkatan dari active noise cancellation. Jika Sahabat Tek pernah mengikuti kelas Fisika dasar, pasti ingat bahasan tentang gelombang. Teknologi ANC memanfaatkan salah satu sifat gelombang, yaitu dapat dibatalkan secara efektif jika Anda membuat gelombang kedua yang merupakan kebalikan dari gelombang pertama – sebuah proses yang dikenal sebagai interferensi destruktif.

Jadi, jika Anda dapat membuat satu set headphone yang dapat mendengarkan dunia luar dan langsung menciptakan serangkaian gelombang suara yang berlawanan dengan gelombang suara yang didengarnya (alias anti-noise), maka secara teori, Anda tidak akan mendengar suara eksternal sama sekali — suara tersebut akan hilang sebelum mencapai gendang telinga Anda. Itulah tepatnya yang dilakukan ANC.