Antisipasi libur panjang, 776 BTS baru Telkomsel dikerahkan

Oleh: Lely Maulida - Selasa, 18 Des 2018 11:34 WIB

Puncak periode Natal dan Tahun Baru, trafik layanan data diperkirakan meningkat hingga 20 persen dibanding hari biasa.

(Foto: Telkomsel)

Lonjakan trafik layanan telekomunikasi saat libur panjang memang kerap terjadi di Indonesia. Hal ini juga diprediksi Telkomsel akan terjadi jelang libur Natal hingga Tahun Baru 2019.

Puncak periode Natal dan Tahun Baru, trafik layanan data diperkirakan meningkat hingga 20 persen dibanding hari biasa. Kenaikan trafik ini akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 31 persen. Selain video, pelanggan juga akan memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui media sosial, pesan instan, streaming musik dan gim online. 

Layanan SMS juga diperkirakan akan mengalami kenaikan hingga lebih dari 0,5 persen diperiode yang sama. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 1,4 persen dibandingkan hari biasa. Mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel memperkuat seluruh elemen jaringannya.

88 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS dikerahkan di titik-titik yang memiliki trafik komunikasi terpadat. Hal ini dilakukan guna menjamin kenyamaman pelanggan ketika menggunakan layanan komunikasi. Telkomsel juga secara khusus membangun 776 base transceiver station (BTS) LTE baru dengan kapasitas bandwith hingga 4,2 Tbps di seluruh Indonesia.

Beberapa jaringan juga dilakukan optimalisasi hingga di 628 titik yang diprediksi merupakan pusat keramaian publik saat liburan Natal dan Tahunn Baru. Diantara titik lokasi yang menjadi target tersebut seperti alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan. Selain itu, Telkomsel juga mengantisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan di lokasi infrastruktur baru seperti jalur tol dan bandara yang sudah beroperasi.

Tag