AMD hadirkan jajaran prosesor bertenaga AI melalui Ryzen Pro 8040 dan Ryzen Pro 8000 series

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 16 Apr 2024 21:00 WIB

AMD menghadirkan jajaran prosesor baru untuk desktop dan mobile bertenaga AI melalui Ryzen Pro 8040 dan Ryzen Pro 8000 series.

AMD secara resmi memperkenalkan jajaran produk baru mereka, yang kini berfokus ke AI untuk platform PC desktop dan mobile. Prosesor kali ini dihadirkan untuk para pengguna profesional dan juga untuk para pebisnis.

Yang pertama, mereka memperkenalkan AMD Ryzen PRO 8040 Series yang diklaim sebagai prosesor x86 tercanggih yang dibuat untuk laptop bisnis dan workstation mobile. Sementara AMD Ryzen PRO 8000 Series digadang-gadang menjadi prosesor desktop berkemampuan AI pertama untuk pengguna bisnis.
     
Kedua jajaran prosesor ini hadir dengan AMD Ryzen AI yang dipadukan dengan CPU dan GPU serta NPU, membuat prosesor ini memiliki kemampuan AI yang bisa dibilang mengesankan. AMD mengklaim, CPU yang menggunakan Ryzen AI ini memiliki kemampuan hingga 16 NPU TOPS dan hingga 39 total sistem TOPS.

“AMD menghadirkan portofolio teknologi AI terluas untuk memenuhi kebutuhan bisnis modern. Seiring kami terus memperluas kepemimpinan AI PC kami, kami menghadirkan lebih banyak kekuatan dan efisiensi ke beragam desktop dan PC mobile,” kata Jack Huynh, senior vice president and general manager, Computing and Graphics Group, AMD.

“Prosesor seri PRO terbaru kami menetapkan standar baru untuk pengalaman komputasi premium dan membantu bisnis menerapkan kemampuan AI di PC mereka dengan kinerja dan keamanan terdepan.”      

Untuk AMD Ryzen PRO 8040 Series, seri prosesor mobile ini menawarkan kinerja pemrosesan yang sangat efisien dan tanpa kompromi untuk beban kerja bisnis dan AI yang paling intensif. Prosesor ini memiliki delapan core berkinerja tinggi, hadir dengan teknologi fabrikasi 4nm, dan arsitektur “Zen 4” yang menawarkan gabungan kinerja 30% lebih baik untuk aplikasi workstation mobile yang paling menuntut.