AMD Ryzen 7000 Series resmi meluncur, siap jegal Intel

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 31 Agst 2022 09:48 WIB

Menggunakan arsitektur Zen 4, AMD menjanjikan peningkatan performa Ryzen 7000 series hingga 57 persen dengan konsumsi daya lebih irit 47 persen.

Para penggemar teknologi di seluruh dunia sedang menunggu kehadiran jajaran prosesor terbaru AMD, yakni Ryzen 7000 series. Jajaran prosesor baru ini disebut-sebut dapat menjegal jajaran prosesor Intel generasi terbaru. Prosesor seri terbaru ini akan menggunakan dukungan RAM DDR5 dan PCIe Gen 5.0. Selain itu, AMD juga menggunakan arsitektur baru yang bernama Zen 4 yang didasarkan oleh teknologi fabrikasi 5nm serta penggunaan CPU berbasis LGA.

Salah satu hal yang paling menarik dari prosesor ini adalah keputusan AMD untuk beralih ke LGA setelah belasan tahun masih menggunakan PGA. Padahal, Intel telah menggunakan basis LGA pada 1997, saat mereka meluncurkan Pentium II dan Celeron.

Disaat acara peluncuran Ryzen 7000 series, CEO AMD Dr Lisa Su mengatakan bahwa jajaran prosesor ini akan memiliki performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitor dan prosesor AMD generasi sebelumnya.

Lisa mengatakan bahwa prosesor mereka akan menjadi prosesor pertama yang akan menggunakan teknologi fabrikasi 5nm serta menjadi jajaran prosesor pertama AMD yang memiliki kecepatan boost lebih dari 5GHz.

Pada acara peluncuran ini juga, AMD mengumumkan jajaran prosesor apa yang akan mereka luncurkan terlebih dahulu. Nyatanya, Ryzen 5 7600X, Ryzen 7 7700X, Ryzen 9 790X, serta Ryzen 9 7850X akan diluncurkan serempak.