AMD resmi perkenalkan prosesor EPYC generasi kedua, EPYC Rome

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 09 Agst 2019 07:46 WIB

Menggunakan teknologi fabrikasi 7nm seperti di prosesor Ryzen seri 3000, AMD menawarkan banyak keunggulan dari prosesor EPYC Rome.

AMD EPYC Rome (AMD)

AMD pada akhirnya meluncurkan prosesor workstation terbaru mereka, yakni EPYC Rome. Sama seperti Ryzen seri 3000, prosesor ini pun memiliki teknologi fabrikasi 7nm terbaru mereka, yang menawarkan banyak keunggulan jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Berbeda dengan jajaran Ryzen, EPYC Rome ditujukan bagi pusat data yang menjalankan server dengan AI dan lainnya. Seperti pendahulunya, prosesor ini memang ditujukan untuk pusat data dan lainnya.

Berdasarkan dari teknologi inti 7nm Zen 2, EPYC Rome memiliki total peningkatan IPC 15 persen jika dibandingkan dengan pendahulunya. Selain  lebih kencang, prosesor ini juga memiliki efisiensi daya yang lebih baik.

Yang menarik, pelanggan pertama mereka untuk prosesor tersebut adalah Google. Mereka mengumumkan telah menggunakan prosesor AMD EPYC Generasi ke-2 di lingkungan pusat data produksi infrastruktur internal mereka. Sedangkan pada akhir tahun 2019, AMD akan mendukung Google Cloud Compute Engine.

Selain itu, Twitter juga mengumumkan ketertarikan mereka menggunakan prosesor AMD EPYC Generasi ke-2 di seluruh infrastruktur pusat datanya akhir tahun ini.