AMD resmi luncurkan GPU workstation berbasis RDNA2

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 09 Jun 2021 10:18 WIB

Pada kesempatan kali ini, AMD meluncurkan tiga GPU workstation terbaru mereka, yakni Radeon Pro W6800, Radeon Pro W6600, serta Radeon Pro W6600M.

Credit : AMD

AMD secara resmi telah meluncurkan GPU profesional terbaru mereka. Didasarkan oleh arsitektur RDNA2, GPU ini diharapkan akan membawa performa yang lebih tinggi dan dukungan ray tracing ke ranah profesional.

AMD memperkenalkan tiga GPU sekaligus, dua untuk desktop dan satu untuk laptop. Untuk desktop, mereka memperkenalkan Radeon Pro W6800 dan Radeon Pro W6600. Sedangkan untuk laptop ada Radeon Pro W6600M.

AMD mengklaim, secara keseluruhan, GPU ini memiliki kinerja "hingga 79 persen lebih cepat" dari perangkat keras generasi sebelumnya. Bahkan bisa lebih dari itu dalam beberapa kasus seperti di kemampuan ray tracing.

AMD juga membagikan beberapa data kinerja dengan dan tanpa Infinity Cache yang diaktifkan pada W6800, menunjukkan peningkatan hingga 10%, meskipun sekali lagi, itu akan sangat bervariasi di seluruh beban kerja.

Dari spesifikasi, Radeon Pro W6800 akan memiliki konfigurasi yang mirip dengan Radeon RX 6800. Yang berbeda adalah hadirnya dukungan VRAM ganda serta hadir dengan desain kartu dan driver yang berbeda.

Tag