Alibaba Cloud fokuskan AI dan Blockchain di 2023

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 20 Des 2022 18:24 WIB

Alibaba Cloud Services mengungkapkan di tahun 2023, mereka akan memfokuskan diri untuk mengembangkan lini AI dan Blockchain as Services.

Pada tahun 2022, jumlah pengguna layanan Cloud Service Indonesia tercatat terus meningkat. Hal ini dikarenakan percepatan digital yang terus meningkat, serta pandemi yang membuat perusahaan beralih ke layanan tersebut.

Di Indonesia sendiri, ada cukup banyak perusahaan yang menawarkan layanan Cloud Services. Salah satunya adalah Alibaba Cloud, yang sudah menyediakan layanan Cloud Services semenjak 2016 silam.

Selama enam tahun berbisnis di Indonesia, sudah banyak hal yang dilakukan oleh Alibaba Cloud. Country Manager Alibaba Cloud Intelligence Indonesia, Leon Chen mengatakan saat ini mereka sudah memiliki ribuan pelanggan, dengan lebih dari 200 mitra.

“Selain itu, kami juga memiliki titik tiga pusat data dan satu scrubbing center, serta mengadakan 50 ribu pelatihan per tahun untuk membantu percepatan digitalisasi di Indonesia,” kata Leon.

Dan menjelang 2023, Alibaba mengatakan bahwa mereka akan melakukan ekspansi bisnis mereka di Indonesia. Mereka mengatakan Indonesia memiliki potensi pengguna layanan cloud services terbesar di Asia Tenggara.