Ada kendala, prosesor 7nm Intel ditunda hingga 2023

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 24 Jul 2020 10:36 WIB

Dalam sebuah bocoran memo internal terbaru dari Intel, mereka mengungkapkan prosesor 7nm mereka akan diundur hingga 2023 mendatang.

Intel

Jika kalian sudah menantikan kehadiran prosesor Intel yang menggunakan teknologi fabrikasi 7nm, kalian harus kecewa. Soalnya, Intel baru-baru ini mengungkapkan bahwa mereka telah mengundur jadwal peluncuran prosesor dengan teknologi fabrikasi tersebut.

Seperti diketahui sebelumnya, Intel dikabarkan akan segera memperkenalkan jajaran prosesor 7nm mereka pada kuartal kedua 2021 mendatang. Namun, dalam memo terbaru yang dikeluarkan oleh mereka, tampaknya mereka harus menundanya selama setengah tahun.

Wccftech (24/7) melaporkan, Intel menyebut jajaran prosesor Alder Lake 7nm paling cepat akan dapat diperkenalkan paling cepat akhir 2021 awal 2022 mendatang. Hal ini dikarenakan mereka mengalami beberapa kendala dalam pengembangan prosesor tersebut.

Selain akan memperkenalkan jajaran prosesor mainstream 7nm, penundaan ini juga membuat produksi prosesor server dengan teknologi fabrikasi 10nm mereka ke timeline yang sama. Diketahui, jajaran prosesor server terbaru Intel akan bernama Sapphire Rapids.

Tak ketinggalan, ada kabar juga yang mengatakan bahwa Intel akan menyerahkan produksi prosesor 7nm mereka ke pihak ketiga. Hal ini mungkin menjadi solusi yang cukup baik bagi mereka untuk mengejar ketertinggalannya.

Tag