773 juta email berhasil diretas, ini cara cek keamanan akun Anda

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 18 Jan 2019 14:18 WIB

Di awal 2019 ini, perusahaan peneliti keamanan Troy Hunt menyebut ada 773 juta email telah berhasil diretas.

Ilustrasi Hacker (pexels)

Kita baru saja memasuki minggu ketiga tahun 2019. Tapi, sebuah perusahaan peneliti keamanan Troy Hunt justru memberikan sebuah kabar yang kurang mengenakkan di awal tahun ini.

Dalam sebuah laporan, mereka menemukan kebocoran data besar. Dari penelitian yang mereka lakukan, total sudah ada 773 juta ID email unik dan 21 juta kata sandi unik yang bocor, yang kemudian disebut sebagai Collection # 1.

Mereka mengatakan bahwa dia mendapatkan laporan dari beberapa orang, yang menemukan sebuah file sebanyak 12 ribu file dengan ukuran total 87GB. Ternyata, file ini menyimpan 2,7 miliar catatan, dengan total 773 juta ID email unik terdapat di dalamnya.

The Next Web (19/1/2019) melaporkan, Hunt telah memastikan telah menghapus file tersebut dari database hosting MEGA. Tapi, file tersebut ternyata masih tayang di beberapa forum peretasan populer.

Hunt mengatakan, postingan forum menggambarkan sumber data sebagai "kumpulan 2000+ database yang rusak dan Combo (kombinasi alamat email dan kata sandi)” yang disimpan berdasarkan topik.