5 teknologi Tiongkok yang sukses di abad ke-21

Oleh: Lysti Rahma - Senin, 20 Sep 2021 12:02 WIB

Tiongkok sudah terkenal dengan penemuannya seperti pembuatan kertas, percetakan, kompas, dan bubuk mesiu. Berikut  5 pencapaian Tiongkok di bidang teknologi dan sains.

Selama empat dekade terakhir, kehidupan di sebagian besar negara di dunia telah diubah oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tiongkok sendiri telah membuat kemajuan pesat dalam bidang teknologi dan sains. Kemajuan pesat ini merupakan bagian integral dari tujuan Tiongkok, yang berisi serangkaian target termasuk pertumbuhan ekonomi, pemberantasan kemiskinan, serta inovasi teknologi.

Bahkan sejak lama Tiongkok sudah terkenal dengan penemuannya seperti pembuatan kertas, percetakan, kompas, dan bubuk mesiu. Sepanjang sejarah, penemuan ini berkontribusi pada perkembangan ekonomi negara-negara lain di Asia Timur, Timur Tengah dan Eropa. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut  5 pencapaian Tiongkok di bidang teknologi dan sains.

1. Matahari Buatan

Ilmuwan Tiongkok dilaporkan berhasil membuat rekor baru dalam proyek matahari buatan atau China Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST). Rekor baru ini tercipta setelah pemerintah Tiongkok melaporkan para ilmuwan berhasil menahan plasma 120 juta derajat Celcius selama 101 detik dan 160 juta derajat Celcius selama 20 detik. Proyek EAST adalah bagian dari fasilitas International Thermonuclear Experimental Reactor (ITER), yang jika selesai pada tahun 2035 akan menjadi pembangkit nuklir terbesar di dunia. 

2. Robot penjelajah Zhurong berhasil mendarat di Mars