5 judul gim dengan malware terbanyak

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 01 Sep 2021 16:34 WIB

Menurut tim Kaspersky, serangan malware berkedok gim populer meningkat di kuartal kedua 2021 ini. Yuk intip gim apa saja yang paling banyak digunakan peretas untuk menipu gamer.

Bagi para pengguna PC atau smartphone, kata malware mungkin bukan kata yang asing lagi. Sebab, aplikasi jahat ini memang seperti tak lagi dapat dipisahkan dari kedua platform tersebut.

Cukup banyak cara bagaimana malware dapat menginfeksi perangkat pengguna. Salah satunya adalah melalui gim bajakan. Para peneliti di Kaspersky pun mencatatkan adanya peningkatan jumlah serangan melalui cara ini.

Hal ini wajar, dikarenakan selama pandemi ini, jumlah gamer di seluruh dunia meningkat. Para peneliti mengatakan bahwa selama kuartal ketiga 2020 hingga kuartal kedua 2021, mereka melihat lonjakan serangan malware yang berasal dari gim bajakan.

Dari puluhan gim yang mereka teliti, ternyata ada lima gim dengan sumbangan terbanyak. Berikut ini daftar gim bajakan populer yang telah memberikan malware kepada para gamer di kuartal kedua 2021 :

5. Grand Theft Auto V

Siapa yang tak kenal dengan Grand Theft Auto? Ya, ini merupakan salah satu gim open world yang telah diluncurkan lebih dari satu dasawarsa lalu, namun masih populer hingga saat ini. Bahkan, gim ini juga akan hadir di konsol generasi berikutnya.