Ini akibatnya jika Anda terlalu lama menggunakan VR

Oleh: Lely Maulida - Senin, 05 Mar 2018 13:34 WIB

Oculus Rift dan HTC Vive memberikan rekomendasi kepada pengguna untuk beristirahat dalam menggunakan headset VR selama 10-15 menit

Foto: Busness Insider

Penggunaan teknologi memang menjanjikan pengalaman mengasyikan. Meski begitu, setiap perangkat memiliki batasan untuk digunakan demi menghindari dampak negatif yang muncul. Headset Virtual Reality (VR) misalnya, mampu menampilkan konten serta pengalaman virtual yang seru. Namun ketika VR digunakan secara berlebihan, Anda akan merasakan dampak yang bahkan mengancam kesehatan Anda.

Oculus Rift dan HTC Vive pun memberikan rekomendasi kepada pengguna untuk beristirahat dalam menggunakan headset VR selama 10-15 menit setiap 30 menit. Rekomendasi tersebut juga tetap dianjurkan meski Anda merasa tak perlu istirahat. Berikut beberapa dampak penggunaan VR terlalu lama, sebagaimana dilansir Business Insider.

Kehilangan kesaradan spasial

Ketika Anda akan menggunakan VR, Anda harus memastikan tak ada perabot, kabel, hewan, anak kecil atau benda dan hal lainnya. Hal ini terutama berlaku untuk pengalaman VR full-room yang ditawarkan oleh HTC Vive. Menghabiskan selama lebih dari 30 menit di VR, hampir di setiap kasus menyebabkan pengguna kehilangan kesadaran spasial akan ruangan disekitarnya. Setelah 30 menit menghabiskan waktu dan pikiran di dunia virtual, Anda akan jauh lebih sulit mengidentifikasi dimana berbagai benda berada di dunia fisik.

Disorientasi