4 Tips lindungi akun Instagram dari penipuan pesan digital

Oleh: Dinda Ayu Widiastuti - Selasa, 09 Feb 2021 19:16 WIB

Dalam Hari Internet Aman Sedunia, Instagram beri 4 tips untuk melindungi akun Anda dari penipuan pesan digital.

Source: Firstpost

Dalam rangka memperingati Hari Internet Aman Sedunia tahun ini, Instagram mengajak para pengguna untuk mengenali metode phishing dengan lebih berhati-hati terhadap pesan mencurigakan yang mengatasnamakan Instagram dan segera mengaktifkan fitur keamanan yang tersedia di Instagram. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan oleh pengguna untuk mengenali aksi phishing:

1. Instagram tidak pernah menghubungi pengguna melalui Direct Message

Akhir-akhir ini, banyak pelaku phishing yang memanfaatkan Direct Message untuk mengirim pesan atas nama Instagram. Umumnya, pesan tersebut bernada mengancam bahwa akun pengguna akan segera ditutup karena melanggar kebijakan Instagram. Bahkan di beberapa kasus, pelaku phishing melancarkan aksinya dengan menggunakan akun terverifikasi, yang mereka dapatkan setelah melakukan peretasan akun figur publik. Berkaitan dengan hal ini, Instagram hanya akan menggunakan email sebagai jalur komunikasi utama dengan para pengguna.

2. Cek identitas pengirim pesan email

Email juga dapat menjadi salah satu sarana untuk melancarkan aksi phishing. Oleh karena itu, Anda harus lebih hati-hati ketika mendapatkan email mencurigakan mengatasnamakan Instagram maupun Facebook. Hal utama yang Anda harus lakukan adalah jangan mengklik link dalam pesan tersebut tanpa mengeceknya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa ciri utama email palsu: