3 saran ilmuwan gizi untuk mengatur konsumsi kopi selama Ramadan

Oleh: Lysti Rahma - Jumat, 29 Mar 2024 16:34 WIB

Jika kamu merasa sulit mengatasi kecanduan kafein, jangan khawatir karena ada beberapa tips yang bisa membantumu menjalani Ramadan.

Selama menjalani ibadah puasa, kekhawatiran akan melewatkan pagi tanpa secangkir kopi pasti menghantui sebagian dari kita. Jika kamu merasa sulit mengatasi kecanduan kafein, jangan khawatir karena ada beberapa tips yang bisa membantumu menjalani Ramadan dengan tetap menikmati secangkir kopi favoritmu untuk menyemangati harimu!

Dikutip dari Have Halal Will Travel (29/3), berikut tiga saran penting terkait konsumsi kopi bagi umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. 

1. Pentingnya menghindari dehidrasi saat sahur

Menurut penelitian dari ilmuwan gizi, mengonsumsi kopi saat sahur dapat meningkatkan risiko dehidrasi karena kafein yang terdapat dalam kopi bersifat diuretik. Mengutip dari Mayo Clinic, kafein yang terkandung di dalam kopi memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi konsumsi kopi saat sahur atau meminumnya dalam jumlah yang lebih sedikit, sambil memastikan untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

Tag