3 pengaturan baru yang wajib diketahui pengguna Android 14

Oleh: Bennartho Denys Rapoho - Senin, 01 Jan 2024 06:56 WIB

Pengguna Android wajib tahu 3 pengaturan baru yang menarik pada sistem operasi terbaru yakni Android 14.

Sumber: Google

Bagi seluruh pengguna Android yang sudah bisa mengakses sistem operasi terbaru yakni Android 14 wajib mencoba beberapa pengaturan menarik di antaranya pada lock screen, auto-confirm lock, dan flash notification. Pada sejumlah pengaturan tersebut pengguna dijamin akan merasakan pengalaman yang tidak pernah dirasakan oleh para pengguna Android sebelumnya.

Dilansir dari The Sun (1/1), pengaturan pertama yang bisa dicoba oleh pengguna Android 14 yakni menghilangkan fitur lock screen pada umumnya. Itu lantaran kini pada Android 14 sudah ada teknologi generative Artificial Intelligence (AI) yang bisa menghasilkan gambar tampilan depan secara otomatis yang indah serta berkualitas tinggi sesuai dengan selera penggunanya.

Jadi pengguna tinggal meninggalkan pesan teks perintah kepada generative AI supaya teknologi tersebut dapat memprosesnya menjadi gambar berkualitas yang unik. Misalnya, pengguna bisa meninggalkan pesan perintah seperti '3D rendering of Galaxy' atau 'floral sketches'.

Cara untuk mengaktifkan pengaturan ini juga cukup mudah yakni dengan cara pergi ke bagian lock screen, kemudian tahan beberapa saat pada clock. Bila sudah maka akan secara otomatis terbuka halaman lalu klik pengaturan 'custumize lock screen'. 

Lanjut pengguna bisa segera mengunci kembali smartphone-nya lalu pergi ke halaman wallpaper & style. Pada halaman inilah pengguna bisa membuat perangkat Android supaya bisa menghasilkan gambar wallpaper dengan sendirinya setelah meninggalkan sejumlah pesan perintah teks.