Ryzen 5 3500, cocok buat gaming dan produktivitas

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 29 Apr 2020 10:20 WIB

Meski kehilangan fitur hyper-threading dan tampil hanya dengan 6 core dan 6 thread, Ryzen 5 3500 menunjukkan performa luar biasa dengan harga yang menawan.

AMD Ryzen 5 3500

AMD saat ini memiliki banyak pilihan prosesor untuk merakit komputer PC gaming budget. Namun sayang, untuk seri Ryzen 3, kemampuan produktivitasnya cukup terbatas dikarenakan hanya memiliki 4 core dan 4 thread saja.

Jika ingin masuk ke seri Ryzen 5, saat ini pengguna dihadapkan dengan prosesor dengan harga hampir Rp3 juta. Meski begitu, AMD tampaknya melihat adanya banyak permintaan untuk membawa prosesor dengan core count yang tinggi ke Indonesia.

Nah untuk menjawab pertanyaan ini, AMD Indonesia pun membawa prosesor baru yakni Ryzen 5 3500. Prosesor ini memiliki harga di angka Rp2 jutaan saja. Karena murah, AMD pun memutuskan untuk menghilangkan multi-threading, sehingga prosesor ini hanya mengandalkan 6 core dan 6 thread saja.

Pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan melakukan review AMD Ryzen 5 3500. Dari pengalaman kami melakukan pengujian, prosesor ini memiliki performa yang cukup baik untuk harga yang ditawarkan.

Kecepatan dasar prosesor ini mencapai 3.6GHz, dengan max boost clock hingga 4.1GHz. Dan dikarenakan didasarkan prosesor Ryzen generasi ketiga, prosesor ini juga sudah mendukung PCIe gen 4.0.