Review WD Blue SN550, performa kencang dengan harga cukup terjangkau

Oleh: Nur Chandra Laksana - Minggu, 12 Jul 2020 14:38 WIB

Dalam pengujian kali ini, tim Tek.id dibuat kaget dengan WD Blue SN550, yang memiliki performa yang baik dengan harga yang cukup terjangkau.

Saat ini cukup banyak para pencinta teknologi yang mulai beralih dari SSD SATA ke SSD M.2 pada saat merakit komputer. Sayangnya, mereka masih menggunakan SSD M.2 standar, bukan menggunakan SSD M.2 NVMe untuk perangkat mereka.

Hal ini dikarenakan saat ini, harga dari SSD M.2 NVMe yang cukup mahal jika dibandingkan dengan yang lainnya. Melihat masalah ini, Western Digital pun kembali menghadirkan jajaran SSD M.2 NVMe terjangkau terbaru mereka, yakni WD Blue SN550.

Ini merupakan pembaruan dari seri tahun lalu, yakni WD Blue SN500. WD mengklaim, WD Blue SN550 memiliki beberapa peningkatan, salah satunya adalah peningkatan di kecepatan transfer data.

Untuk unit yang kami akan ulas kali ini adalah model 1TB. WD menawarkan beberapa kapasitas untuk seri WD Blue SN550 ini, mulai dari 250GB, 500GB, dan juga 1TB.

Khusus untuk unit 1TB ini, WD Blue SN550 memiliki sebuah NAND dan kontroler di satu sisi saja. Mereka menggunakan chip 3D NAND TLC SanDisk 96-layer yang digabungkan dengan kontroler Western Digital in-house.