Review Truecaller, solusi untuk deteksi spam dan lacak nomor telepon

Oleh: Erlanmart - Kamis, 13 Jan 2022 14:15 WIB

Sebagai salah satu negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, Indonesia menjadi salah satu negara yang paling banyak menerima spam di dunia.

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang sering menerima panggilan atau SMS spam. Panggilan tersebut bisa berasal dari mana saja, termasuk dari telemarketing atau parahnya penipuan berkedok hadidah bernilai Jutaan Rupiah. Agar dapat mencegah hal yang tidak diinginkan dari gangguan panggilan spam, salah salah satu solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi Truecaller.

Truecaller sendiri adalah salah satu platform yang berguna untuk memverifikasi identitas pemilik nomor telepon. Aplikasi ini sudah mengalami peningkatan pertumbuhan pengguna aktif menjadi 300 juta di seluruh dunia. Pencapaian ini diklaim memperkuat posisinya sebagai salah satu layanan pendeteksi spam dan caller ID terbesar di dunia.

Sebagai salah satu negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, Indonesia menjadi salah satu negara yang paling banyak menerima spam di dunia berdasarkan Global Spam Report dari Truecaller. Laporan Truecaller tersebut juga menunjukkan bahwa rata-rata pengguna di Indonesia berisiko mendapatkan lebih dari 18 panggilan spam setiap bulannya.

Dalam hal caller ID (pendeteksi nomor telepon) fitur ini hadir dalam dua versi. Versi pertama adalah pendeteksian dari pengguna Truecaller. Artinya, pengguna yang merasa telah dihubungi lewat telepon yang tidak diinginkan (contoh: asuransi atau telemarketing) dapat ditandai sebagai spam dan memberi nama dari sang penelepon yang tidak diinginkan tersebut.