Earphone yang hampir sempurna

Oleh: Erlanmart - Selasa, 07 Agst 2018 18:15 WIB

Jabra Elite Active 65t adalah earphone nirkabel terbaru yang baru-baru ini diluncurkan. Bagaimana performanya?

Anda tahu AirPods? Earphone nirkabel dari Apple yang didesain khusus untuk iPhone tersebut memang sempat menyita perhatian karena bentuknya yang tidak biasa. AirPod hadir dengan unit driver yang tidak terhubung satu sama lain, dan bentuknya juga sangat minimalis. Meski demikian, desainnya memungkinkan earphone ini tidak mudah jatuh ketika digunakan. Selain itu, AirPods juga hadir dengan casing khusus yang juga berperan sebagai unit charger.

Seperti tampak ingin mengikuti jejak AirPods, Jabra merilis Elite Active 65t yang merupakan earphone nirkabel dengan desain serupa. Bedanya, earphone ini lebih didesain untuk berolahraga. Bagaimana kualitas suara dan kenyamanannya? Berikut adalah ulasannya.

Desain

Kedua unit driver Elite Active 65t memiliki bentuk unik yang sangat berbeda dibandingkan dengan Apple AirPods 2 . Jika AirPods 2 memiliki bentuk mirip earphone pada umumnya namun tanpa kabel, Elite Active dilengkapi rancang bangun besar pada bagian luar dan terus mengecil di bagian ujungnya. Artinya, earphone nirkabel teranyar dari jabra tersebut memiliki tipe in-ear.

Pada area yang berbentuk besar, ada sebuah tonjolan agak memanjang. Bentuk seperti ini sengaja dibuat Jabra agar Elite Active 65t dapat menyantol dengan tepat di telinga. Selain itu, Jabra juga telah mendesain sedemikian rupa agar unit driver earphone kiri dan kanan dapat dipasang di masing-masing telinga dengan cocok. Artinya, Anda tidak dapat memasang unit driver kiri di sebelah kanan atau sebaliknya. Ada tanda untuk menentukan earphone dipasang di telinga kiri atau kanan.

Sesuai pengalaman saya, lama-lama kita akan mengetahui bagian masing-masing earphone (kiri/kanan) hanya dengan melihat dari bentuknya. Penempatan yang sesuai berpengaruh pada kualitas suara juga. Saya tertolong dengan faktor bentuk yang dimiliki Elite Active 65t karena sangat mudah dipasang di telinga dan memiliki cengkraman cukup kuat sehingga tidak akan terjatuh meski saya berlari. Earphone ini memang ditujukan untuk dipakai saat berolah raga dan memiliki sertifikasi IP55 yang membuatnya anti terhadap air (atau keringat) dan debu.