Mencuri Raden Saleh, angin segar film Indonesia di tengah gempuran film horor

Oleh: Nur Chandra Laksana - Sabtu, 27 Agst 2022 08:03 WIB

Dikemas dengan cerita yang penuh dengan plot twist, Mencuri Raden Saleh bisa jadi angin segar layar lebar Indonesia di tengah-tengah gempuran film horor.

Dunia layar lebar Indonesia sepanjang satu tahun terakhir ini sudah mulai kembali bergairah. Berbagai macam film baru dirilis tiada henti, seakan ingin membalas dendam setelah lesu diterpa pandemi.

Seperti biasa, ada tiga genre yang mendominasi layar lebar Indonesia. Yang pertama adalah film horor, yang kedua adalah film drama, dan yang ketiga adalah komedi. Klasik memang, tapi memang pola yang sesungguhnya terjadi hanya itu-itu saja.

Kalian bisa lihat dari ulasan film di situs Tek.id selama beberapa waktu, dimana dihiasi ulasan film horor seperti Pengabdi Setan 2.

Memang, beberapa film genre lain, seperti aksi beberapa kali sempat menghebohkan perlayar lebaran dalam negeri, bahkan luar negeri. The Raid misalnya, film tersebut benar-benar memiliki dampak yang sangat besar.

Tapi, di tengah-tengah gempuran genre horor, ada sebuah film yang bisa dibilang cukup segar. “Mencuri Raden Saleh” namanya. Dan ini merupakan tipikal film aksi yang saya nantikan, yang memiliki tema pencurian.