Smartphone dengan empat kamera untuk apa?

Oleh: Erlanmart - Rabu, 25 Jul 2018 18:01 WIB

Asus Zenfone 5Q punya empat kamera dengan konfigurasi dua di depan dan dua di belakang untuk hasil foto maksimal

Zenfone 5Q memiliki posisi di bawah Zenfone 5. Sebagai informasi, Zenfone 5Q juga disebut dengan Zenfone 5 Lite. Saya berasumsi penamaan Zenfone 5Q berasal dari penggunaan empat kamera (quad) pada smartphone terbaru milik Asus tersebut.

Desain

Meski memiliki posisi kasta di bawah Zenfone 5, Asus tetap menghadirkan Zenfone 5Q dengan desain yang enak dilihat seperti bagian depan dan belakang yang dilapisi kaca serta form factor 2,5D. Pada bagian tepi, ada frame alumunium yang mengelilingi tepian sisi smartphone ini. Tidak lupa pula keempat sudut yang melengkung sehingga tidak ada sudut tajam pada Zenfone 5Q.

Pada bagian belakang, ada konfigurasi dual camera berorientasi vertikal dengan lampu flash tipe LED di samping sebelah kiri kamera. tentu saja Asus juga menghadirkan sensor sidik jari yang berada tepat di bawah kamera belakang. Secara estetika, penggunaan bahan kaca pada bagian belakang memang menjadikannya terlihat bagus. Sayangnya, material tersebut menyebabkan banyak noda sidik jari yang dapat mengurangi nilai estetika. Untungnya di paket penjualan Asus menyediakan soft case untuk melindungi bodi Zenfone 5Q.

Tidak ada lagi tombol fisik kecuali tombol volume dan tombol daya yang keduanya terletak di sisi kanan. Namun alangkah baiknya jika kedua tombol tersebut berada di sisi berbeda agar pengguna dapat lebih mudah mengakses tombol volume tanpa tertukar tombol daya saat smartphone di dalam kantung atau tas.