Review AOpen 24CL1Y: Warna asik, tanpa gangguan refleksi

Oleh: Erlanmart - Kamis, 12 Nov 2020 12:05 WIB

Beberapa fitur andalan dari 24CL1Y adalah teknologi BlueLightShield, Flickerless, dan response time 5 ms. Teknologi panel yang digunakannya adalah IPS.

Saat kegiatan dilakukan lebih banyak di rumah seperti saat ini, maka salah satu hiburannya adalah menonton video streaming di platform YouTube atau bagi penggemar film bisa menonton film di Netfilx atau Disney+ Hotstar. Tentu saja menonton akan lebih menyenangkan di layar monitor ketimbang di ponsel karena monitor memiliki ukuran yang lebih besar.

Monitor yang ingin saya ulas di sini adalah AOpen 24CL1Y yang masuk ke dalam segmen home entertainment. Artinya kamu dapat menonton maupun bekerja menggunakan monitor ini. Sebagai informasi, AOpen sendiri adalah perusahaan asal Taiwan yang berada di bawah naungan Acer. Beberapa fitur andalan dari 24CL1Y adalah teknologi BlueLightShield, Flickerless, dan response time 5 ms. Berikut adalah hasil ulasan saya.

Desain

Ukuran layar pada monitor AOpen 24CL1Y adalah 24 inci. Ya, mungkin kalian sudah pada mengetahui ukurannya jika melihat dari angka di modelnya. Mengingat ini adalah bukan model monitor premium, jadi cukup wajar jika bezel yang dikenakannya berukuran tidak terlalu kecil. Bezel 24CL1Y sangat terlihat meskipun layarnya sedang tidak aktif. Mungkin ini disebabkan juga karena bezel tersebut agak lebih tinggi dari layarnya.

Seluruh bodi monitor (termasuk pijakannya) memiliki bahan plastik matte, atau doff, kecuali pada bezelnya. AOpen merancang bezel 24CL1Y dengan bahan plastik glossy atau mengkilap. Dudukan kaki monitor ini berukuran besar dengan leher peyangga yang mudah dipasang.