Swift 3 Acer Day Edition, laptop untuk kerja dan bermain gim ringan

Oleh: Erlanmart - Rabu, 03 Okt 2018 09:00 WIB

Awal saya membuka dari kemasannya, desainnya yang bagus langsung menyapa saya. Bobot laptop keseluruhan juga terasa ringan, meski diangkat menggunakan satu tangan.

Laptop Acer seri Swift 3 Acer Day Edition dilengkapi dengan beberapa model yang menggunakan prosesor Intel Core i3, Intel Core i5, dan Intel Core i7. Dalam kesempatan ini, saya mengulas versi teratas dengan GPU Nvidia GeForce MX150 2 GB, RAM 8 GB, penyimpanan internal SSD 128 GB dan HDD 1 TB, dan tentu saja prosesor Intel Core i7-8550. Bagaimana hasilnya? Yuk, ikuti sampai selesai.

Desain menarik

Hampir seluruh bodi Swift 3 Acer Day Edition memiliki material logam alumunium. Bukan hanya itu, Acer juga mendesain bodi hingga cover atas Swift 3 menggunakan corak garis-garis sangat tipis (brushed) yang menjadikan paras Swift 3 semakin asyik dilihat. Pola garis-garis tersebut juga membantu menghindari noda sidik jari ketika saya menentengnya.

Penutup bawah terlihat tipis. Memang, Acer mendesainnya dengan cara bagian bawah yang agak naik di bagian tepi. Tetapi, menurut saya, meski tidak dirancang seperti itu, Swift 3 akan tetap  terlihat tipis. Bagian tepi seluruh pinggiran dicetak secara horizontal, sehingga saya merasa tidak ada bagian tajam pada laptop yang memiliki bobot 1,5 kilogram ini. Sayangnya, karet yang ada di bagian bawah tidak terlalu “mencengkram” dengan baik.

Sebenarnya, Acer Swift 3 terbaru memiliki ukuran bentang layar 14 inci. Lantaran memiliki bezel ramping, pasti orang-orang awalnya mengira laptop yang berjalan di atas sistem operasi Windows 10 Home Edition ini memiliki ukuran layar 13 inci. Anda akan melihat bezel atas dan bawah lebih tebal dibandingkan bezel kiri dan kanan. Penerapan ini terbilang wajar dan hampir seluruh laptop mendesain dengan cara tersebut. Bezel atas sengaja dibuat lebih tebal karena di dalamnya mencakup webcam dan empat mikrofon.