Earphone ini sangat cocok untuk musik pop

Oleh: Erlanmart - Kamis, 04 Okt 2018 11:00 WIB

Unit driver SoundMagic E10C dilengkapi dengan bahan logam agar lebih kokoh dan tidak menghadirkan gangguan resonansi. Berikut ulasannya.

SoundMagic adalah salah satu pabrikan yang memproduksi perlengkapan audio seperti earphone dan headphone. Produsen asal China ini merupakan global brand yang relatif baru. Kebetulan saya sempat mengulas salah satu produknya, E10C. Berikut adalah pengalaman saya setelah menggunakan earphone terbaru dari SoundMagic tersebut.

Desain

Hampir seluruh earphone saat ini memiliki form factor in-ear, begitu juga dengan SoundMagic E10C. Masing-masing unit driver dilengkapi dengan material logam yang menjadikannya lebih kuat dibandingkan dengan material plastik. Saya adalah tipe orang yang sering meletakkan earphone sembarangan, termasuk di lantai. Di sinilah salah satu keuntungan material logam pada unit driver E10C. Pasalnya unit driver tidak akan retak jika secara tidak sengaja terinjak. Sedikit curhat, saya beberapa kali menginjak earphone hingga retak. Saya yakin Anda juga pernah mengalami hal tersebut.

Seperti tipikal kebanyakan earphone SoundMagic, sepasang unit driver E10C dibuat hampir mirip pada bagian kiri dan kanannya. Dengan demikian, saya dapat mengenakannya tanpa mempedulikan orientasi kiri dan kanan. Tentu saja, ujung unit driver dilengkapi dengan bahan karet agar earphone tetap menyantol di telinga dan suara musik tidak terlalu dengan suara sekitar.

Syarat agar menghadirkan dua faktor tersebut adalah dengan memilih ujung karet yang pas di lubang telinga. SoundMagic menyediakan tiga pasang ujung karet di dalam paket penjualan. Ujung karet yang dipakai di unit driver saat pertama kali saya membuka kemasannya terasa terlalu besar di lubang telinga saya. Jadi saya harus menggantinya dengan ukuran yang lebih kecil. Sayangnya, ketiga pasang ujung karet dalam kemasan dicampur di dalam kemasan plastik sehingga saya harus mencocokan satu persatu dari jumlah enam ujung karet tersebut.