BenQ Zowie XL2546: kemudahan untuk eSport

Oleh: Erlanmart - Sabtu, 05 Okt 2019 13:37 WIB

Monitor yang memiliki ukuran bentang layar 25 inci dilengkapi dengan fitur refresh rate 240 Hz, response time 1 ms, dan teknologi DyAc eksklusif sehingga menjadikannya cocok untuk bermain gim serius.

Ada yang beda pada ajang Asian Games 2018 lalu, yaitu pertama kalinya acara olahraga terbesar di Asia menghadirkan cabang eSport. Meski hanya sebagai ajang eksibisi atau uji coba, ini menandakan bahwa cabang olahraga elektronik tersebut sudah mulai diakui. Cabang olahraga baru ini dikabarkan bakal menjadi kompetisi yang sesungguhnya pada perhelatan Olimpiade di Tokyo 2020 dan Asian Games 2022 di Tiongkok.

Mengingat eSport sudah masuk ke dalam cabang olahraga, maka ada beberapa pabrikan yang menyediakan perangkat khusus. Salah satu pabrikan tersebut adalah BenQ yang dengan monitor Zowie XL2564. Ada beberapa kelengkapan fitur untuk mendukung para atlet agar dapat berfokus pada gim yang sedang dimainkan, seperti 240 Hz DyAc agar pergerakan gim menjadi lebih mulus, Black eQualizer agar kamu dapat melihat ‘musuh’ di area gelap, dan sebagainya. Penasaran? Baca hingga selesai ya Sahabat Tek!

Desain

Mungkin monitor Zowie XL2546 bukanlah tempat BenQ untuk menerapkan desain yang menawan. Pasalnya monitor ini terlihat agak ‘kaku’ dengan banyak sudut di sisi dan bagian belakangnya. Bezelnya juga berukuran relatif besar di keempat sisinya. Selain besar, bezel-bezel pinggiran layar tersebut juga berukuran cukup tinggi dari layar.

Tetapi desain seperti itu bukan tanpa alasan. BenQ sengaja memeberi bentuk tersebut agar para gamer lebih konsentrasi pada gim yang dimainkannya tanpa harus tersamarkan antara layar dengan bezel. Selain itu, material bezel juga terbuat dari bahan plastik matte sehingga sisi bezel yang terdekat dari layar tidak memantulkan konten, yang bisa-bisa menganggu jalannya permainan. Lagipula, XL2546 tujuannya untuk para atlet eSport, jadi desain bukan tujuan utamanya.