Asus VivoBook Flip TP203, menarik di tampilan dan fitur

Oleh: Riandanu Madi Utomo - Jumat, 19 Jan 2018 23:04 WIB

VivoBook Flip TP203 punya fitur dan harga yang menari, namun bagaimana performanya?

Seiring berkembangnya teknologi, bentuk dan fungsi notebook kini semakin beragam. Selain ada istilah 2-in-1 notebook, ada juga yang namanya convertible notebook. Keduanya menawarkan fleksibilitas yang lebih baik dari notebook biasa. Convertible notebook misalnya yang layarnya bisa diputar 360 derajat sehingga bisa difungsikan layaknya tablet. Dukungan sistem operasi Windows 10 yang memiliki mode tablet juga memudahkan convertible notebook untuk digunakan.

Sayangnya, sebagian besar convertible notebook dipasarkan di lini premium. Harganya juga banyak yang berkisar di belasan hingga puluhan juta rupiah. Kali ini saya mengulas salah satu notebook convertible yang beda dari yang lain, yaitu Asus VivoBook Flip TP203. Convertible notebook ini dibanderol dengan harga yang terjangkau, yaitu hanya Rp5 jutaan. Namun apa saja yang Anda dapatkan?

Agak gemuk tapi fleksibel

Dibandingkan dengan convertible notebook premium seperti ZenBook Flip, VivoBook Flip TP203 memang tergolong sedikit lebih tebal. Notebook ini memang tidak punya optical drive dan tidak setebal notebook kelas menengah lain yang dibanderol dengan kisaran harga yang sama. Namun ia masih menggunakan hard disk sehingga butuh ruang penyimpanan yang lebih lega.

Desainnya memang masih seperti notebook Asus kelas menengah-bawah yang dibalut dengan bodi plastik. Sementara bentuk bodinya lebih berasa feminim ketimbang maskulin, sehingga lebih cocok untuk kaum hawa. Bobotnya juga ringan, hanya 1,2 kilogram saja dan memiliki bentuk yang sangat ringkas berkat penggunaan layar 11,6 inci.