Review Asus ROG Maximus XI Extreme, asyik buat gamer

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 26 Nov 2018 20:35 WIB

Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan, Asus ROG Maximus XI Extreme sangat cocok bagi para gamer dan overclocker serius.

Asus ROG Maximus XI Extreme

Kehadiran prosesor generasi kesembilan Intel, disambut produsen perangkat keras dengan motherboard dengan chipset terbaru, yakni Z390. Tek.id akan mengulas tiga motherboard berbasis Z390. Artikel perdana dimulai dengan Asus ROG Maximus XI Extreme. 

Desain khas ROG

Seperti seri motherboard ROG lainnya, Maximus XI Extreme memiliki corak warna hitam dan abu-abu yang terlihat sangat mengintimidasi. Meski begitu, di beberapa lokasi, seperti di bagian kanan bawah motherboard, di atas penutup slot M.2, dan di atas I/O Shield, terdapat LED yang dapat dipersonalisasi.

Salah satu fitur unggulan motherboard kasta tertinggi Asus ini adalah panel OLED di atas I/O Shield yang disebut sebagai LiveDash. Selain untuk estetika, panel ini sangat berguna bagi para overclocker untuk mendiagnostik masalah di motherboard mereka.

Setelah masuk ke Windows, panel ini akan menampilkan beberapa informasi yang cukup berguna. Beberapa di antaranya adalah kecepatan prosesor dan temperatur. Oh iya, temperatur yang muncul di layar ini pun cukup akurat karena Asus menyematkan total 3 sensor temperatur di Maximus XI Extreme.