Asus Designo MZ27AQ, unggulkan desain dan audio

Oleh: Erlanmart - Jumat, 14 Des 2018 19:24 WIB

Spesifikasi monitor berukuran 27 inci ini meliputi resolusi panel layar IPS 2.560 x 1.440 piksel, kecerahan 350 cd/㎡, response times 5 ms, tata suara 2.1 channel dan lain-lain.

Seri Designo adalah tempat dimana Asus mengeluarkan hasratnya untuk merancang monitor yang elok. Selain desain yang asik punya, Asus juga melengkapi monitornya ini dengan audio hasil kolaborasi bersama Harman Kardon. Lengkapnya spesifikasi monitor berukuran 27 inci ini meliputi resolusi panel layar IPS 2.560 x 1.440 piksel, kecerahan 350 cd/m persegi, response times 5 ms, tata suara 2.1 channel dan lain-lain. Berikut hasil ulasannya.

Modis dan minimalis

Karena salah satu nilai jual MZ27AQ adalah tampilannya yang rupawan, maka saya berangkat dari desain yang diusungnya. Berkat bezelnya yang super tipis, monitor ini terlihat hampir tidak memiliki bezel saat kondisi mati. Ditambah lagi bezel tersebut berwarna hitam, semakin terlihat seolah-olah menyatu dengan panel layar.

Tetapi tidak semua bezel berwarna hitam, seperti halnya bezel bagian bawah. Meski demikian bezel berbeda warna dan ukuran itu sama sekali tidak mengurangi keelokan si monitor. Pasalnya, Asus mendesainnya dengan alur-alur memanjang sangat tipis secara horisontal.

Saya pun sempat terkecoh. Awalnya saya kira bezel bawah terbuat dari alumunium karena warnanya sangat mirip. Namun ternyata bezel tersebut terbuat dari bahan plastik. Kendati begitu, plastik yang digunakannya bukanlah tipe yang bersifat ringkih.