Rahasia di balik kamera 108 MP Xiaomi Mi CC9 Pro

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Senin, 11 Nov 2019 19:21 WIB

DxO Mark membuktikan bahwa kamera Mi CC9 Pro Premium Edition punya keandalan kamera yang tak kalah dari pemuncak daftar klasmen, Huawei P30 Pro. Apa saja yang membuatnya menjadi kamera berkualitas tertinggi saat ini?

Xiaomi Mi CC9 Pro menjadi smartphone pertama yang menggunakan resolusi kamera 108 MP. Sebuah pencapaian yang juga diikuti dengan kualitas foto mumpuni. Situs review kamera smartphone dan kamera digital, DxO Mark, menyebutnya mampu menyamai kualitas kamera Huawei Mate 30 Pro, serta melebihi kamera Samsung Galaxy Note 10 plus, dan Google Pixel 4.

Mencoba membongkar rahasia Xiaomi Mi CC9 Pro kali ini, tim redaksi tek.id ingin mencari tahu, komponen apa saja yang membuat hasil fotonya luar biasa. Karena pada dasarnya, tiap komponen yang digunakan smartphone tersebut menunjang kemampuan yang satu dengan yang lainnya.

Kita mulai dari chipset yang digunakan Xiaomi Mi CC9 Pro. Perangkat ini mempercayakan chipset-nya dengan seri Snapdragon 730G. Pilihan chipset ini cukup menarik, karena sebenarnya Qualcomm mendapuk Snapdragon 730G sebagai chipset perangkat gaming.

Dari buku manual Qualcomm, kami mendapati chipset ini memang mampu mengoperasikan kamera beresolusi sampai 192 MP. Rupanya, kemampuan inilah yang coba dimaksimalkan Mi CC9 Pro. Sementara, chipset tertinggi besutan Qualcomm yakni, Snapdragon 855 dan 855+, tidak bisa menampung besaran resolusi kamera lebih dari 48 MP.

Selain itu, Xiaomi Mi CC9 Pro ini terdiri dari lima kamera belakang. Kamera utamanya beresolusi 108 MP, lalu ada kamera telephoto 12.19 MP yang memiliki focal length sejauh 50mm. Kemudian masih ada kamera long telephoto 7.99 MP yang memiliki focal length sejauh 94mm. Tidak lupa, Mi CC9 Pro juga dilengkapi kamera bersudut pandang lebar dengan resolusi 20.11 MP, serta kamera terakhir adalah berjenis lensa macro.