Netflix, konsumen data internet terbesar di dunia

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 05 Okt 2018 11:45 WIB

Secara total, Netflix telah memakan data jarinan internet dunia hingga 15 persen. Sementara YouTube hanya menggunakan 11,4 persen saja.

Ilustrasi menonton netflix (pexels)

Layanan streaming video saat ini menjadi salah satu bidang yang paling banyak memakan data jaringan internet di seluruh dunia. 58 persen data jaringan internet di seluruh dunia saat ini dikuasai oleh layanan tersebut.

Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut lagi, ada beberapa penyedia layanan streaming besar yang memakan jaringan internet terbesar di seluruh dunia. Dan ternyata, layanan tersebut adalah Netflix.

Menurut data lembaga manajemen bandwidth Sandvine, Netflix saat ini memakan data jaringan hingga 15 persen internet di seluruh dunia. Tentu saja, hal ini cukup mengejutkan.

Saingan terdekat dari Netflix adalah vide-video yang disematkan langsung ke sebuah website. Video-video tersebut berhasil memakan 13,1 persen data jaringan di seluruh dunia. Sementra YouTube, platform berbagi video gratis milik Google tersebut memakan 11,4 persen data jaringan di seluruh dunia. 

Dalam data ini juga terlihat bahwa penelusuran internet memakan jaringan internet dunia sebesar 17 persen. Kemudian diikuti oleh para gamer di angka 7,8 persen. Sementara 5,1 persen jaringan dunia termakan oleh para pengguna media sosial.