JNE dan tantangan pemenuhan pesanan di era digital

Oleh: Insaf Albert Tarigan Lely Maulida - Senin, 30 Sep 2019 18:23 WIB

Apakah kunci dan ukuran sukses e-commerce? Mengapa perusahaan logistik akan sangat penting di masa depan?

Apakah kunci dan ukuran sukses e-commerce? Kalau kita berkaca pada Amazon, salah satu faktor paling krusial adalah pemenuhan pesanan (order fulfillment). Amazon termasuk perusahaan paling ambisius dalam membangun sistem pemenuhan pesanan konsumen. Mereka ingin mampu memenuhi apa pun pesanan konsumen -tak hanya buku- lebih baik dari perusahaan mana pun.

 

Pemenuhan pesanan yang baik setidaknya harus mencakup pengambilan produk yang tepat, memasukkannya ke dalam bungkus yang pas, mengirimkannya ke alamat yang benar, dan memproleh tanda terima dari konsumen. Dan Amazon sudah membuktikan, menguasai detail yang rumit, tapi berskala ultra-massif ini, sukses mengantar mereka jadi raksasa global.

 

Resep itu agaknya juga berlaku di e-commerce Tanah Air. Kita sudah melihat hampir semua pemain di sektor ini pernah mengalami kesalahan pengiriman, sehingga konsumen kecewa. Rumusnya sebenarnya sederhana: memberikan apa yang dikehendaki konsumen, kapan mereka menginginkannya, dengan biaya paling murah. Namun, mengingat skala konsumen yang harus dilayani berjumlah besar, juga tantangan geografis Indonesia, hal yang sederhana dalam skala kecil itu menjadi sangat menantang dalam skala besar.