Ini 17 tren teknologi paling diperhitungkan di 2018

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Senin, 08 Jan 2018 18:00 WIB

Dari mata uang crypto, sampai ke politik Silicon Valley, yang mana yang akan menuntun kita 2018 ini?

Banyak tren yang terjadi seiring perkembangan teknologi belakangan ini. Perkembangan itu pun menjadi tolak ukur untuk memprediksi arah sosial dan ekonomi global di 2018 ini. Azeem Azhar, seorang ahli strategi sekaligus analis yang menjadi kurator newsletter mingguan di Exponential View, London, memiliki 17 pandangan menarik mengenai pengaruh tren teknologi di tahun-tahun yang akan datang. Berikut ini petikan prediksinya yang kami sarikan dari MIT Technology Review.

1. Revolusi digital ada di tangan media sosial

Platform media sosial (medsos) rakasasa seperti Facebook mulai berpengaruh bagi politik dan ekonomi. Saking kuatnya, kedaulatan platform-platform medsos raksasa ini mampu mempengaruhi kedaulatan sebuah negara.

Platform medsos dan kekuatan ekonomi digital raksasa ini paham betul bahwa negara mencoba mengatur mereka melalui serangkaian peraturan. Akan tetapi medsos raksasa ini mencoba untuk mempertahankan kelebihan yang mereka miliki.

Kultur politik ala Silicon Valley akan makin banyak terendus tahun-tahun ke depannya. Silicon Valley diprediksi akan menyewa orang luar untuk membenahi problematika ini. Semua ini terjadi akibat dari sistem informasi teknologi yang mulai berimbas pada pemahaman kita dalam melihat dunia baru. Imbas lainnya dari sistem teknologi informasi ini juga menyangkut pilhan kita, sampai berimbas pada aksi atau tindakan kita di kehidupan sehari-hari.