TV 8K Samsung raih sertifikasi dari 8K Association

Oleh: Hieronimus Patardo - Kamis, 02 Jan 2020 11:23 WIB

Dengan berbekal sertifikasi dari 8KA, perusahaan Korea Selatan itu dapat memasarkan TV 8K miliknya lengkap dengan logo 8KA

Source: PCMag

Samsung memulai perang standar 8K dengan mengumumkan TV QLED 8K. Untuk diketahui, TV QLED 8K dari Samsung ini menjadi salah satu TV yang telah mengantongi sertifikasi dari 8K Association. Hal ini berarti bahwa TV tersebut diatur dengan resolusi minimal 7680x4320 piksel atau dua kali lipat dari Ultra HD. 

Sementara itu, TV QLED 8K Samsung ini juga memiliki kecerahan tertinggi dengan 600 nits dan mendukung standar HDMI 2.1 dan HEVC. Perlu diketahui, bahwa sertifikasi ini bisa berdampak besar bagi Samsung di masa depan. 

Dengan berbekal sertifikasi dari 8KA, perusahaan Korea Selatan itu dapat memasarkan TV 8K miliknya lengkap dengan logo 8KA. Wakil Presiden Samsung Display, Hyogun Lee mengatakan bahwa Samsung bertujuan untuk memberi konsumen kemampuan untuk dengan mudah mengidentifikasi tampilan 8K premium Samsung dengan perangkat lainnya. 

Samsung sebenarnya merupakan salah satu bagian dari Asosiasi 8K ini, bersama dengan Panasonic dan Hisense. Dan sampai saat ini, pengukuran mengenai spesifikasi 8K masih mengalami perdebatan. Antara 8KA dan LG masih belum sepaham mengenai spesifikasi TV 8K. 

Dilansir dari Engadget (2/1), LG mengklaim bahwa TV 8K Samsung tidak sesusai dengan spesifikasi 8K yang sebenarnya, walaupun pada dasarnya, sudah memiliki jumlah piksel yang benar. LG percaya bahwa piksel QLED Samsung tidak dapat dibedakan dengan jelas satu sama lain. Sehingga resolusi efektifnya sebenarnya lebih rendah dari 8K.