Mengenal teknologi engsel waterdrop di Galaxy Z Flip5 & Z Fold5

Oleh: Zhafira Chlistina - Senin, 31 Jul 2023 12:03 WIB

Di Z Flip5 dan Z Fold5 kali ini, engselnya membentuk rongga seperti tetesan air (waterdrop), sehingga mengatasi celah yang mengganggu yang biasanya dihasilkan oleh engsel tradisional.

Samsung Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 mengusung teknologi hinge atau engsel baru yang menghilangkan celah atau gap (zero gap hinge) ketika layar dilipat. Teknologi baru ini disebut sebagai engsel waterdrop.

Seperti diketahui, rangkaian smartphone lipat Samsung sebelumnya tidak sepenuhnya tertutup ketika sedang dilipat. Namun di Z Flip5 dan Z Fold5 kali ini, engselnya membentuk rongga seperti tetesan air (waterdrop), sehingga mengatasi celah yang mengganggu yang biasanya dihasilkan oleh engsel tradisional.

Keuntungan dari penggunaan engsel baru ini adalah dimensi perangkat menjadi lebih tipis. Selain itu, dengan model lipatan tanpa celah, dapat meningkatkan durabilitas produk karena debu dan kotoran lainnya tidak berpotensi masuk tanpa adanya celah.

Bagaimana cara kerja engsel baru Samsung

Engsel waterdrop atau yang juga disebut Samsung Flex Hing ini menampilkan mekanisme engsel sumbu ganda baru yang terdiri dari tiga bagian: panel fleksibel, engsel mekanik, dan permukaan layar.
 
Sementara panel OLED fleksibel dan mekanisme lipat telah diadopsi secara luas dan digunakan secara luas di industri, permukaan layar menghadirkan tantangan karena sensitivitasnya terhadap kontaminasi, yang memengaruhi biaya dan keandalan perangkat lipat.