Spesifikasi dan harga Asus Zenfone 7 dan Zenfone 7 Pro

Oleh: Hieronimus Patardo - Kamis, 27 Agst 2020 14:13 WIB

Asus Zenfone 7dan Zenfone 7 Pro resmi meluncur secara global. Kedua seri ini menawarkan sejumlah peningkatan dari seri sebelumnya.

Source: Gizmochina

Asus akhirnya kembali meluncurkan produk baru penerus generasi Zenfone, yakni Asus Zenfone 7 dan Asus Zenfone 7 Pro. Sesuai dengan rumor sebelumnya, kedua perangkat ini tetap mempertahankan desain kamera flip seperti pada seri sebelumnya. Namun ada pembeda yang cukup jelas, yakni penambahan lensa zoom dan refresh rate layar 90Hz. 

Spesifikasi Asus Zenfone 7 Pro
Asus Zenfone 7 merupakan versi tertinggi dari seri Zenfone terbaru ini. Versi ini hadir dengan chipset Snapdragon 865 Plus yang dilengkapi RAM 8GB dan memori internal 256GB serta penggunaan MicroSD hingga kapasitas 2TB. Penggunaan Snapdragon 865 membuat smartphone ini sudah mendukung koneksi ke jaringan 5G. Namun hanya frekuensi Sub-6GHz saja yang didukung. Versi ini tidak dibekali dengan dukungan mmWave. 

Layarnya berukuran 6,67 inci dengan panel OLED dan sudah mendukung HDR10+. Desain kamera flip membuat tampilan layar bebas dari gangguan notch atau punch hole. Pasalnya, untuk kebutuhan selfie, pengguna akan memanfaatkan modul kamera flip ini. Seri ini juga sudah dibekali dengan refresh rate 90Hz, yang merupakan peningkatan dari seri sebelumnya. 

Di sektor kamera, Zenfone 7 Pro hadir dengan tiga kamera. Masing-masing mengusung resolusi 64MP IMX686 kamera utama, 12MP ultra wide dan 8MP telefoto yang mendukung perbesaran optik sebanyak 3x. Di versi Pro ini, Asus memberikan tambahan stabilisasi OIS pada modul kamera utama dan telefotonya. 

Asus juga kembali memberikan kapasitas baterai besar, yakni 5000mAh untuk seri ini. Baterai ini sudah didukung dengan teknologi pengisian cepat 30W. Namun dukungan pengisian nirkabel absen dari produk ini. Asus mengatakan pihaknya lebih memilih memanfaatkan ruang untuk kapasitas baterai besar ketimbang harus menambahkan hardware untuk pengisian nirkabel. Seri ini juga tidak dibekali dengan slot 3,5mm.